Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Pendamping Desa Tahun 2017

Cara Mendaftar Pendamping Desa Tahun 2017Panduan Registrasi Online Tenaga Pendamping Profesional 2017Rekrutmen pendamping desa tahun 2017 dari Kemendesa telah mulai dibuka sejak hari ini dan terlihat begitu banyak peminat yang ingin mendaftar. Baru hari pertama pendaftaran online saja sudah puluhan ribu orang pelamar yang mendaftar di website Kemendesa. Namun seperti juga terjadi pada rekrutmen tahun kemarin, saat ini pun masih banyak calon pendaftar yang mengalami kesulitan saat melakukan registrasi online. Ini bisa dimaklumi karena tidak semua pendaftar familiar dan paham dengan sistem pendaftaran online yang diterapkan oleh Kemendesa ini. Contohnya masih banyak yang gagal melakukan registrasi tahap 2 atau pada saat melanjutkan ke tahap 2 muncul notifikasi “Data Tidak Ditemukan” dan lain-lain. Untuk itu melalui tulisan ini kami akan memberikan sedikit panduan bagaimana cara mengisi form registrasi online tenaga pendamping profesional 2017 mulai dari registrasi tahap 1 sampai dengan registrasi tahap 2.  

Registrasi Online Tenaga Pendamping Profesional 2017

Sebelum mulai mendaftar dan mengisikan data-data pribadi anda, ada baiknya perhatikan dan pelajari secara utuh tampilan penuh dari form registrasi online tahap 1 dibawah ini.

Pendaftaran Online
Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan di tab baru 



TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Pelamar Melalukan Registrasi secara Online Melalui Website http://pendamping2017.kemendesa.go.id
  2. Baca informasi yang terdapat pada halaman ini mengenai tata cara pendaftaran dan alur seleksi tenaga Pendamping Profesional (TPP) tahun 2017
  3. Kuota rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional tiap Provinsi dapat dilihat di Menu “Reg. Online” Sub Menu: Kuota Rekrutmen TPP
  4. Klik Menu “Registrasi Online” sub Menu “ Registrasi Tahap 1”
    • Baca informasi persiapan registrasi dan kualifikasi tenaga pendamping profesional, jika memenuhi kualifikasi Centang (√) Kotak Persetujuan lalu Klik “setuju”
    • Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman pengisian Biodata.
    • Input biodata diri anda dengan data yang benar.
    • Upload CV ( Curriculum Vitae) dalam bentuk Word dengan besar file maksimal 150 Kb.(Tips Membuat CV agar ukuran kecil: 1. simpan CV dalam format word minimal tahun 2007 atau yang terbaru; 2. Hindari menampilkan gambar, foto dan/atau file hasil scan).
    • Lengkapi data diri anda sesuai yang diminta (siapkan nomor NIK KTP, Nomor HP, Alamat Email dan Nomor Ijazah).
    • Pada total pengalaman kerja relevan dengan bidang pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat akan terisi otomatis secara sistem berdasarkan data Tahun dan Bulan yang diinput pada 5 kolom dibawah kolom jumlah total
    • Masukkan jumlah pengalaman dalam jumlah tahun pada kolom jml. Tahun dan jumlah bulan pada kolom jml. Bulan dan Instansi/Lembaga/Program dimana anda pernah bekerja pada kolom Instansi/Lembaga/Program. (contoh: Jika pengalaman kerja anda 5 Tahun, maka masukan angka 5 pada kolom “jml. Tahun dan angka 0 pada kolom “jml. Bulan”; Jika pengalaman kerja anda 5 Tahun 7 Bulan, maka masukan angka 5 pada kolom “jml. Tahun dan angka 7 pada kolom “jml. Bulan”

    • jumlah pengalaman relevan
    • Baca informasi penting yang terdapat pada halaman bawah, kolom berwarna kuning.
    • klik “Submit”
    • Akan muncul halaman Verifikasi, pastikan kembali data yang anda input benar dan sesuai.
    • Jika anda yakin data anda sudah benar, masukkan Captcha, kemudian Centang (√) pernyataan kebenaran data.

    • pengalaman kerja pemberdayaan

    • Baca informasi penting yang terdapat pada halaman bawah, kolom warna kuning.
    • Klik “Submit”.

    • tahap 1
    • Jika proses registrasi berhasil, Klik “lanjutkan ketahap pemilihan posisi”, jika gagal, kembali ke registrasi tahap awal.

  5. Pada halaman registrasi Tahap 2
    • Masukkan nomor NIK dan tangal lahir sesuai dengan yang anda input sebelumnya, masukkan Captcha, lalu klik “Cari”

    • pendaftaran online p3md
    • Pilih minat posisi pada halaman selanjunya dengan memperhatikan kuota yang ada, masukkan Captcha, lalu klik “Submit”

    • registrasi tahap 2 online
    • Jika registrasi gagal, akan muncul notifikasi yang menjelaskan anda gagal dengan alasan kuota minat posisi yang anda pilih tidak tersedia dan/atau data yang anda masukan tidak memenuhi kualifikasi sesuai minat posisi yang anda pilih.
    • Jika Registrasi berhasil, akan muncul notifikasi bahwa anda berhasil dan informasi untuk menunggu informasi selanjutnya.

    • Informasi daftar peserta yang berhak mengikuti tes tulis akan di informasikan kemudian.
Baca juga artikel ini :




Alur Rekrutmen 2017

Sangat disarankan untuk melakukan pendaftaran online pendamping desa ini menggunakan perangkap komputer PC/laptop atau melalui warnet. Jika mendaftar dengan menggunakan laptop dirumah, pastikan sinyal internet pada kondisi stabil karena sinyal yg terputus juga bisa menyebabkan anda gagal melanjutkan pendaftaran ke registrasi tahap 2 akibat proses upload data registrasi tahap 1 tidak sempurna. Inilah kadang yang akhirnya memunculkan notifikasi peringatan DATA TIDAK DITEMUKAN. 

Demikian panduan singkat mengenai Cara Mendaftar Pendamping Desa Tahun 2017 ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

116 komentar untuk "Cara Mendaftar Pendamping Desa Tahun 2017"

  1. om bagai mana untuk tahap ke 2 dalam memilih posisi tidak ada tampilannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi yang diminati tidak muncul saat registrasi tahap 2 karena beberapa sebab:
      1. Jumlah tahun dan bulan pengalaman kerja relevan tidak memenuhi syarat kualifikasi. Misalnya mendaftar PDP dengan pengalaman hanya 3 tahun padahal syarat minimalnya 4 tahun. Sistem web secara otomatis hanya akan memunculkan pilihan Pendamping Lokal Desa (PLD) dan/atau PDTI jika pada registrasi tahap 1 pelamar memasukkan data memiliki ijazah S1 Teknik Sipil/Arsitektur.
      2. Posisi PDP dan PLD dikunci pada lingkup Kabupaten sehingga pelamar dari Kabupaten A tidak bisa melamar untuk penempatan di Kabupaten B. Khusus TA-ID dan PDTI dikunci pada lingkup provinsi.
      3. Jika posisi minat tidak muncul sama sekali, tinggal dicek syarat kualifikasi untuk posisi yang anda lamar apakah sudah memenuhi syarat atau anda baru lulus SMA/S1 tahun ini ??

      Hapus
    2. bagaimana cara meregistrasi ulang pada tahap pertama untuk mengedit data dan menambahkan data

      Hapus
    3. apakah bisa registrasi ulang dari tahap 1 setelah ada kesalahan data pada registrasi awal ???

      Hapus
    4. Jika proses registrasi tahap 1 sudah berhasil dan anda mendapat notifikasi lanjutkan ke tahap pemilihan posisi maka data yg sdh di-submit sebelumnya tidak bisa diperbaiki, di-edit atau di-reset dan kembali ke awal. Karena sebelum submit anda sdh diminta untuk memeriksa ulang data yg sdh diisikan apakah sdh sesuai dan lengkap atau belum. Kesimpulannya data registrasi tahap 1 tidak bisa diperbaiki..!

      Hapus
    5. SAYA KOK GA ADA TAMPILAN SAMA SEKALI?

      Hapus
  2. Adakah cara untuk memperbaiki data pengalaman kerja yang salah ketik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah ketik bagaimana dan dibagian mana yang dimaksud ?? Apakah dipengisian jumlah tahun dan bulan atau kolom keterangan disebelahnya? Mohon pertanyaannya diperjelas supaya jawabannya juga bisa tepat seperti yang dimaksud.

      Hapus
    2. masih kurang jumlah bln pengalaman kerja

      Hapus
    3. min ko dalam tahap dua data tidak ditemukan kenapa? dari kemari gitu mulu

      Hapus
  3. sepertinya saya juga mengalami kesilapan yang serupa, pada saat pengisian PENGALAMAN KERJA. mohon pencerahan serta solusinya !

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya.., saya sulit menanggapi kalau contoh kesalahannya tidak disebutkan/dituliskan secara jelas. Kemudian dengan kesalahan pengisian pengalaman pd registrasi tahap 1 tadi apakah prosesnya dinyatakan berhasil atau bagaimana ? Mohon bisa dijelaskan lebih spesifik lagi, trims.

      Hapus
  4. kok salah terus ya ada keterangan nya : Mohon Maaf Format Data yg Anda Masukkan Salah
    Tahun Pengalaman 4 -> Hanya Angka dan panjang antara 1 sampai 2 Karakter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada kolom tahun isikan jumlah tahunnya saja, dan pada kolom bulan isikan dengan memilih angka 0 sampai 11 dengan mengklik tombol panah kecil dipojok kanannya.

      Hapus
  5. min, bagai mana dengan tahap ke 2,tidak muncul pilihan posisi, namun di daftar ulang lagi, anda telah terdaftar, arti nya kita sudah terdaftar..??
    mohon bantuanya min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di registrasi tahap 2 pilihan posisi tidak muncul sepertinya kualifikasi persyaratan anda tidak memenuhi (umur, pendidikan atau jumlah tahun pengalaman). Kalau mendaftar ulang tidak bisa berarti NIK anda sudah diblokir !! Sepertinya begitu, kalau ditiap tahap anda sempat mengambil gambar screenshot sebelum klik tombol submit mungkin menelusuri letak kekurangan/kesalahannya akan lebih mudah.

      Hapus
  6. Min ketika sampai ketahap 2 dan telah selesai tidak muncul pemberitahuan apapun. Baik pembritahuan gagal atau pun berhasil kita tidak tahu. Itu gmna min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya coba masuk kembali ke halaman registrasi tahap 2. Masukkan NIK, tanggal lahir dan kode captcha lalu klik tombol CARI. Jika registrasi tahap 2 yang anda lakukan sebelum memang benar2 berhasil maka pada layar akan muncul pesan notifikasi Mohon Maaf anda sudah melakukan pemilihan posisi. Silahkan dicoba aja..

      Hapus
    2. Min saya juga sampe tahap 2 dan saya sudah isi posisi saya dan saya simpan tidak ada pemberitahuan berhasil atau tidak berhasil , dan saya coba balak balik masuk di tahap 2 tetep saja tidak ada notifikasi berhasil atau tidak berhasil , itu gimana ya min

      Hapus
  7. Min.. pada reg tahap 1 kok gak bisa ketik atau pilih tanggal lahir dan tanggal kelulusan.. mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cb aja diulang prosesnya dr awal untuk tahap 1, hati2 jumlah digit NIK klo mungkin kurang shg tdk bisa mengisi tgl lahir

      Hapus
    2. Tetap tidak bisa min.. semuanya sudah benar tapi tetap aja tampilan tanggal lahir dan tanggal kelulusan tidak keluar.

      Hapus
    3. Klo mau saya bantu, coba kirimkan ke email masmiptahku@gmail.com file CV, NIK dan data lainnya untuk input pendaftaran termasuk posisi yang anda minati malam ini juga

      Hapus
    4. min cv dan nik nya sudah saya kirimkan. masalahnya data saya di tahap reg. kedua tidak ditemukan.

      Hapus

  8. Pak gimana ni proses registrasi S1 Teknik sipil Pendamping desa untuk Proses Tahap Pertama Suda di Lakukan dn pengalaman kerja cuma 2 bln semuanya suda selesai pada tahap 1 masuk ke tahap ke dua jwb yg di berikan bhw data tdk di temukan dn ketikan demikian apa yg harus di lakukan lgi. Mohon penjelasanya pak, skian dn trima kasih

    BalasHapus

  9. Pak gimana ni proses registrasi S1 Teknik sipil Pendamping desa untuk Proses Tahap Pertama Suda di Lakukan dn pengalaman kerja cuma 2 bln semuanya suda selesai pada tahap 1 masuk ke tahap ke dua jwb yg di berikan bhw data tdk di temukan dn ketikan demikian apa yg harus di lakukan lgi. Mohon penjelasanya pak, skian dn trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf anda mendaftar menggunakan browser HP/Android atau laptop ? Coba tutup dulu browsernya dan hapus semua cache yg ada. Masuk lagi ke halaman registrasi tahap 2 dan coba cari data anda dengan input NIK dan tanggal lahir untuk pemilihan posisi. Mohon infokan ke saya umurnya berapa dan tahun ijazah S1 Teknik tahun berapa ?

      Hapus
    2. Krn PDTI di minta 0 Pengalaman bisa mkn ijasa dgn lulusan tgn 2017 bln April sy daftar saja.

      Hapus
    3. Betul..PDTI mmg boleh 0 pengalaman kalau S1 ya..! Cb tuliskan NIK dan tgl lahirnya melalui form kontak blog ini biar sy bantu cek tahap 2

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. No Nik 8109022302930001
      Tgl lahir 23 Februari 1994
      Tlng di bantu ya

      Hapus
    6. Saya sdh coba cek di tahap 2 cuma muncul pesan Data Tidak Ditemukan. Kemungkinan proses submit tahap 1 tidak sempurna. Mohon maaf sy tdk bisa membantu lebih lanjut.

      Hapus
    7. Sudah ketahuan salahnya nih..!! Nomor NIK dengan tanggal lahir tidak matching atau sesuai pada NIK memperlihatkan anda lahir 23/02/1993 (kode pada NIK=230293) sedangkan anda menyatakan bahwa tanggal lahirnya 23/02/1994

      Hapus
    8. Pak, terus gimana cara mengatasi kesalahan input tanggal lahir yang seperti itu?

      Hapus
    9. Tidak ada caranya..alias tidak bisa diperbaiki. NIK yang sudah pernah anda masukkan sebelumnya akan diblokir oleh sistem web. Jangan menyalahkan sistemnya ya..karena sebelum submit sdh diberikan 1x kesempatan verifikasi ulang data2 yg sdh diinput sebelumnya.

      Hapus
  10. Min,,, gimana ya cara cek ulang bahwa data yang kita kirim bener2 sudah terdaftar...

    BalasHapus
  11. Min,,,gimana ya cara cek ulang bahwa data kita benar2 sudah terdaftar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cb lihat komentar Satriyadi Al Fatih diatas ya..

      Hapus
  12. Min, mau tanya, quota itu berbeda dengan ketika mengisi tahap kedua. Padahal di laman itu kan ada jelas terpampang.
    Contoh : saat melihat quota di laman terpampang qouta PLD.1.PDP.1.PDTI.1. tapi ketika tahap kedua udah selesai dan memilih 3 bagian quota itu kok 0. Mohon pencerahannya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di penjelasan tata cara pendaftaran sdh disampaikan bahwa Jika registrasi gagal, akan muncul notifikasi yang menjelaskan anda gagal dengan alasan kuota minat posisi yang anda pilih tidak tersedia dan/atau data yang anda masukan tidak memenuhi kualifikasi sesuai minat posisi yang anda pilih. Bisa saja anda berhasil submit registrasi tahap 1, tapi pada saat registrasi tahap 2 sistem akan memfilter kembali data yg sdh anda masukkan sebelumnya. Jika posisi yg anda minati tidak memenuhi kualifikasi maka sistem web hanya akan menampilkan pilihan posisi yg bisa anda pilih sesuai kualifikasi yg anda miliki. Sistemnya sdh disetting seperti itu jadi kalau ada yg mau nyoba akal2an sekalipun dipastikan tdk akan bisa. Mohon maaf ini perumpamaan saja, bukannya saya mengatakan anda mau mengakali sistem lho ya.. :D

      Hapus
  13. maap mengganggu saya minta tolong bantuannya saya ada kendala saat regestrasi
    ketika saya berhasil regestrasi tahap 1
    saya tidak bisa lagi melanjutkan regestrasi tahap ke 2
    padahal identitas ktp dan tanggal lahir saya sudah benar beserta pengalaman pengalaman saya sudah cukup
    dan saya telah mengusahakan mengulangi pendaftaran, hasilnya tetap tidak berhasil

    atas segala hormat saya mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tau NIK dan tanggal lahirnya ? Nanti coba sy cek

      Hapus
    2. saya sudah masukan NIK dan Tanggal lahir (pasti benar) knp masih gagal?

      Hapus
    3. Kalau begitu berarti kualifikasi pendidikan atau pengalaman tidak memenuhi untuk posisi yang diminati. Kalau masih penasaran ya terus dicoba saja sampai hari terakhir tanggal 31/8/2017. Mohon dibaca juga jawaban saya untuk pertanyaan Nandes siapa tahu kasusnya sama.

      Hapus
    4. saya juga min, sudah isi registrasi tahap 1 sudah saya cek semua dan lanjut tahap 2 tidak keluar apa-apa
      mohon dibantu
      NIK 3312121802900001
      tgl lahir 18 februari 1990

      Hapus
    5. saya juga mohon bantuannya min
      NIK 1206010911840003
      tanggal lahir 09-11-1984

      Hapus
  14. Mlm admin, klw dgn uda pernah mendaftar namun gagal apa bisa mendaftr lgi? Klw bisa gimna carax?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa karena nomor NIK akan diblokir oleh sistem web

      Hapus
  15. Min, sy mau brtanya masalah pengalaman kerja yg relevan itu, harus pekerjaan yg menyngkut kemasyarakatan? Atw bgn? Kl dikemasyarakatan sy blm ad penglman...soalnya saya kerja mengajar dan yg lainya, bisa g min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung posisi yang anda lamar dan kesiapan anda sendiri tentunya pada saat nanti berhadapan langsung dengan situasi kerjanya sebagai pendamping. Jangan sampai ada orang yang melamar jadi sopir tapi dia ngga bisa nyopir.. :D Lebih enak jadi guru koq pak he he..

      Hapus
  16. maaf pak saya kan baru tamat div tapi ditahap satu ngk ada pemilihan div nya jdi saya pilih S1 , dan tamat 2016 kmrn pas mau katahap 2 ngk bsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he panduan rekrutmen dan tata cara pendaftarannya ngga dibaca dulu ya ?? Klo mau pake ijazah Diploma berarti untuk PDP=pengalamannya harus min. 4thn artinya tahun ijazah plg tidak 2012/2013 begitu kan pemahamannya ? Trus kalo mau ndaftar PDTI (Diploma Teknik) syaratnya pengalaman min.2thn berarti tahun ijazah 2014/2015 gitu kan ? Koq ijazah Diplomanya 2016 mau dipaksakan toh mbak..mbak..:D Harusnya strateginya pilih aja PLD dulu, urusannya mau naik pangkat jadi PDP atau PDTI nanti besok2 dipikirkan lagi..

      Hapus
  17. Omm di mana kita mendapatkan no tes kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah yakin bisa ikut tes tertulis ya mas ?? Paling lambat 1 minggu setelah penutupan registrasi online, nantinya Kemendesa akan mengumumkan daftar nama peserta yang lulus seleksi pasif (administrasi via registrasi online). Nah di pengumuman itulah nanti nomor peserta tes tertulis diberikan. Info lebih lanjutnya silahkan dipantau terus di website pendamping2017.kemendesa.go.id dan selalu cek email pribadi yg sudah didaftarkan saat registrasi online.

      Hapus
  18. mohon saolusim
    Registrasi tahap 1 sudah berhasil, tapi tahap 2 gagal, alias muncul " Data tidak ditemukan",
    sudaj pastikan data saya betul, benar dan tidak salah, kenapa masih muncul pesan " Data tidak ditemukan" sudah 3 hari masih belum bisa.
    Trimaksih

    BalasHapus
  19. Admin Yth, kalau muncul tulisan "Mohon Maaf anda sudah melakukan pemilihan posisi" itu apa artinya sudah sukses dan menunggu pemberitahuan lanjutan atau harus daftar ulang? Mohon dengan sangat penjelasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul..berarti anda sudah sukses melakukan registrasi sampai selesai tahap 2. Tunggu saja info selanjutnya di website Kemendesa dan email pribadinya sambil dicek juga. Nanti akan diumumkan daftar nama yang lulus seleksi pasif dan berhak mengikuti tes tertulis.

      Hapus
    2. Terima kasih Admin... Sangat melegahkan.

      Hapus
  20. Selamat malam admin. Perkenalkan nama saya : Efrynal Zein, S.Pt. Saya telah berhasil REGISTRASI TAHAP I, namun pada REGISTRASI TAHAP II disebutkan bahwa data saya tidak ditemukan. NIK : 1301050206800004. Tanggal lahir 02 Juni 1980. mohon bantuannya admin. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang tampilan di registrasi tahap 2 blank (layar kosong) sy jg tdk paham penyebabnya karena tidak bisa memastikan apakah data isian di tahap 1 sdh benar cara pengisiannya dan syarat kualifikasi umur/pendidikan/pengalaman sdh memenuhi. Kalau setiap peserta dalam setiap tahapan pengisian data melakukan screenshot sebelum proses submit, maka punya bukti kuat jika ingin mengadukan masalahnya melalui alamat email pengaduan pendamping2017@kemendesa.go.id.

      Kalau notifikasi "Data tidak ditemukan" itu berarti salah satu dari persyaratan umur/pendidikan/jumlah tahun pengalaman TIDAK MEMENUHI untuk posisi yang diminati. Atau bisa juga karena antara tanggal lahir pada NIK berbeda dengan tanggal lahir yang diinput manual dibawahnya. Pemahaman kode NIK itu seperti ini misalnya nomor NIK 7308094502900002 : 73 (kode provinsi), 08 (kode kabupaten), 09 (kode kecamatan), 45 (tanggal lahir 05), 02 (bulan lahir), 90 (tahun lahir) dan 0002 (nomor urut org yg membuat KTP dgn nama yg sama).

      Hapus
  21. mohon saolusim
    Registrasi tahap 1 sudah berhasil, tapi tahap 2 gagal, alias muncul " Data tidak ditemukan",
    sudaj pastikan data saya betul, benar dan tidak salah, kenapa masih muncul pesan " Data tidak ditemukan" sudah 3 hari masih belum bisa.
    Trimaksih
    mohon bantuannya min
    nik saya 1471081907730004 tgl lhr 19-07-1973

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau notifikasi "Data tidak ditemukan" itu berarti salah satu dari persyaratan umur/pendidikan/jumlah tahun pengalaman TIDAK MEMENUHI untuk posisi yang diminati. Atau bisa juga karena antara tanggal lahir pada NIK berbeda dengan tanggal lahir yang diinput manual dibawahnya. Pemahaman kode NIK itu seperti ini misalnya nomor NIK 7308094502900002 : 73 (kode provinsi), 08 (kode kabupaten), 09 (kode kecamatan), 45 (tanggal lahir 05), 02 (bulan lahir), 90 (tahun lahir) dan 0002 (nomor urut org yg membuat KTP dgn nama yg sama).

      Hapus
  22. Permisi, admin Yth,
    saya mau tanya,
    saya sudah registrasi tahap 2 namun setelah saya ikuti instruksinya setelah saya cari kok hasilnya tidak ada muncul informasi apapun?
    kira2 masalahnya dimana ya pak?
    karena saya sudah iktui komentar bapak di atas, dan hasilnya tetap tidak ada infoemasi apapun...

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang tampilan di registrasi tahap 2 blank (layar kosong) sy jg tdk paham penyebabnya karena tidak bisa memastikan apakah data isian di tahap 1 sdh benar cara pengisiannya dan syarat kualifikasi umur/pendidikan/pengalaman sdh memenuhi. Kalau setiap peserta dalam setiap tahapan pengisian data melakukan screenshot sebelum proses submit, maka punya bukti kuat jika ingin mengadukan masalahnya melalui alamat email pengaduan pendamping2017@kemendesa.go.id.

      Hapus
  23. Permisi, Admin Yth,
    Saya telah menyelesaikan proses registrasi tahap 1 dan saya yakin data yang saya masukkan sudah benar. Ketika login ke registrasi tahap 2, yang muncul hanya "Data tidak ditemukan".
    Ini nomor NIK saya: 7308094502900002
    tanggal lahir 05 Feb. 1990

    Mohon di bantuannya min...

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau notifikasi "Data tidak ditemukan" itu berarti salah satu dari persyaratan umur/pendidikan/jumlah tahun pengalaman TIDAK MEMENUHI untuk posisi yang diminati. Atau bisa juga karena antara tanggal lahir pada NIK berbeda dengan tanggal lahir yang diinput manual dibawahnya. Pemahaman kode NIK itu seperti ini misalnya nomor NIK 7308094502900002 : 73 (kode provinsi), 08 (kode kabupaten), 09 (kode kecamatan), 45 (tanggal lahir 05), 02 (bulan lahir), 90 (tahun lahir) dan 0002 (nomor urut org yg membuat KTP dgn nama yg sama).

      Hapus
  24. permisi admin,saya mau bertanya,waktu tahap registrasi pertama saya sudah berhasil,lalu melanjutkan ke tahap registrasi ke 2 yakni pemilihan posisi yang diinginkan,tetapi kuotanya disitu PLD tertera 0,lalu saya klik simpan,lalu mozilanya tidak ada respon sama sekali,mohon bantuannya,terima kasih

    BalasHapus
  25. min saya mendaftar tahap 1 tapi kok ada keterangan
    format instansi nya salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di artikel pak penjelasannya pak. Lihat contoh gambar pengisian pengalaman

      Hapus
  26. permisi min saya regritasi tahap 1 kok gak bisa katanya format instansi salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya ada di artikel diatas sdh lengkap dengan contoh gambar cara pengisian pengalaman di form registrasi. Jangan langsung baca komentar dan cari teman senasib dengan keluhan yang sama.

      Hapus
  27. Assalamualaikum,min kalau pengisian untuk kolom jurusan akademis untuk tamatan SMA gagal bagaimana min? Sehingga tidak bisa summit.di situ tertulis, isi sesuai format data.mohon bantuan min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh..ternyata nulis jurusan pun jd masalah ya !! Tinggal ditulis IPA atau IPS. Kalau lulusan SMK tetap pilih SMA dan jurusan misalnya Akuntansi,dll. Asal jangan nulis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tanda KURUNG itu yang bikin error.

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sdh registrasi tahap 2 kemarin sukses dan mendapat notifikasi "Mohon Maaf anda sudah melakukan pemilihan posisi" ya sudah jangan dicek terus akhirnya pusing sendiri kan..websitenya juga ikutan bingung mas..

      Hapus
    2. Sorry Admin. Terima kasih.. Semoga sukses buat kita sekalian.

      Hapus
  29. Kalau di registrasi tahap 2 pilihan posisi tidak muncul sepertinya kualifikasi persyaratan anda tidak memenuhi (umur, pendidikan atau jumlah tahun pengalaman). Kalau mendaftar ulang tidak bisa berarti NIK anda sudah diblokir !! Min : kalau NIk udah di blokir , gimana cara untuk mendaftar ulang kembali? Mohon Bantuannya

    BalasHapus
  30. Saya lulusan s1 teknik sipil mendaftar PDTI pa
    Karena syarat pengalaman 0 th saya mendaftar saja
    Namun tidak bisa di next kalau kolom pengalaman tidak diisi
    Lalu saya isi pengalaman seperti kegiatan mahasiswa pada pembangunan desa tertinggal
    Kira kira bagaimana, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah..yang penting registrasi sampai tahap 2 sdh berhasil kan ?? Harusnya dikolom pengalaman tinggal dituliskan Nol pengalaman

      Hapus
  31. registrasi tahap 2 akibat proses upload data registrasi tahap 1 tidak sempurna. Inilah kadang yang akhirnya memunculkan notifikasi peringatan DATA TIDAK DITEMUKAN.

    BAGAI MANA CARANYA BISA D LANJUTKAN KE TAHAP REG 2...?

    BalasHapus
  32. Admin, Kenapa selalu Gagal dalam SUBMIT pertama ? Pendaftaran pertama. ? padahal semua cara sudah dilakukan ?? jadi bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong..saya juga bingung mo jawabnya, karena pesan kesalahannya tidak dijelaskan. Bingung berjamaah nih..

      Hapus
  33. maaf admin mau tanya, pas saya pilih kolom provinsi untuk pengisian alamat di tahap pertama kok tidak muncul dki jakarta ya? apakah tidak diperkenankan melamar untuk calon pelamar yang berdomisili di dki jakarta? atau ada kesalahan?mohon di bantu jawab, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daftar kuota tidak ada DKI Jakarta, berarti di Jakarta tidak ada lagi desa. Karena yang dicari sekarang pendamping desa bukan pendamping kota makanya DKI tidak masuk daftar. Otomatis untuk KTP Jakarta tidak bisa digunakan untuk melamar.

      Hapus
  34. Min, saya sudah mendaftar registrasi 1 namun pd registrasi 2 setelah memilih pekerjaan yg diminati dan setelah saya klik simpan tidak ada pemberitahuan apapun yg muncul di website. Mohon penjelasan bagaimana menangani masalah ini secepatnya, saya sudah mencoba cara yg admin sebutkan diatas namun tetap tdk bsa, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masuk lagi ke tahap 2, masukkan NIK dan tanggal lahir. Kalau muncul tulisan "Mohon Maaf anda sudah melakukan pemilihan posisi" berarti registrasi tahap 2 nya sudah berhasil tinggal tunggu informasi selanjutnya.
      Kalau yang tampilan di registrasi tahap 2 blank (layar kosong) sy jg tdk paham penyebabnya karena tidak bisa memastikan apakah data isian di tahap 1 sdh benar cara pengisiannya dan syarat kualifikasi umur/pendidikan/pengalaman sdh memenuhi. Kalau setiap peserta dalam setiap tahapan pengisian data melakukan screenshot sebelum proses submit, maka punya bukti kuat jika ingin mengadukan masalahnya melalui alamat email pengaduan pendamping2017@kemendesa.go.id.

      Kalau notifikasi "Data tidak ditemukan" itu berarti salah satu dari persyaratan umur/pendidikan/jumlah tahun pengalaman TIDAK MEMENUHI untuk posisi yang diminati. Atau bisa juga karena antara tanggal lahir pada NIK berbeda dengan tanggal lahir yang diinput manual dibawahnya. Pemahaman kode NIK itu seperti ini misalnya nomor NIK 7308094502900002 : 73 (kode provinsi), 08 (kode kabupaten), 09 (kode kecamatan), 45 (tanggal lahir 05), 02 (bulan lahir), 90 (tahun lahir) dan 0002 (nomor urut org yg membuat KTP dgn nama yg sama).

      Hapus
  35. cara cek no registrasi gimana min? di email kok gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti diberitahukan saat pengumuman hasil seleksi pasif (registrasi online) ini. Tanggalnya tunggu di update tulisan selanjutnya.

      Hapus
  36. admin, tolong cek punya saya, saya rasa sudah benar semua tp dalam tahap 2 data tidak ditemukan NIK : 3319042809890001 tgl lahir :28091989.
    terima kasih min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya siapa yang bisa memastikan bahwa data yang anda input sudah benar dan memenuhi kualifikasi..? Saat ini hanya anda sendiri yang meyakini itu, sementara menurut hasil filter data oleh sistem web belum tentu. Mau komplain juga susah karena tidak ada bukti screenshot gambar data input yang sudah dimasukkan. Saya rasa itu yang harus menjadi perhatian para peserta, cara pengisian data harus benar dan syarat kualifikasinya memenuhi untuk posisi yang akan dipilih. Data anda tidak ditemukan, kemungkinan kualifikasinya tidak memenuhi.

      Hapus
    2. sudah tidak bisa dikoreksi ya min, karena tidak bisa lihat kembali tahap 1 yg sudah diinput. terima kasih

      Hapus
  37. saya kasusnya sama beberapa seperti diatas pak. setelah registrasi 2 tdk ada pemberitahuan apapun. sedangkan untuk registrasi tahap 1 berhasil sperti contoh yg diatas. sdh sy coba berkali kali untuk yg tahap 2 ttp tdk muncul pemberitahuannya. bagaimana ya pak

    BalasHapus
  38. admin tolong editkan saya salah ngetik tahun lahir harusnya tahun lahir saya 1988 dalam pendaftaran saya ngetik tahun 1998
    nik 3604080209870001
    tanggal lahir 20091988
    alamat email handi_permata@yahoo.com
    mudah2n msh bisa dirubah makasih admin

    BalasHapus
  39. Min numpang nanya pada registrasi tahap 1 kolom tanggal lahir ga bisa diisi dan ga bisa di ketik manual jd saya kosongkan tp saya registrasi berhasil tiba tahap 2 ga bisa masuk apa solusinya min?

    BalasHapus
  40. Pak, pendaftar dengan NIK 3524080510920001 berdasarkan kualifikasi jika usia 21 ke atas dan jurusan teknik arsitektur bisa mendaftar PDTI tapi pada registrasi tahap 2 mendapat peringatan bahwa usia kurang dan jurusan tidak sesuai, padahal pendaftar sudah berusia 23 tahun dan dari S1 jurusan arsitektur, mohon ditinjau kembali

    BalasHapus
  41. saya tidak dapat melanjutkan registrasi pendamping desa taahap ke 2, setiap kali mencoba hanya ada bacaan terdapat kesalahan dalam pendaftaran, jika dipanduan kami disuruh kembali pada registrasi tahap 1 hanya saja ketika kami lakukan ulang terdapat bacaan anda sudah pernah mendaftar
    Nomor Induk Kependudukan :*
    3512020804900003
    Nama Lengkap :*
    AHMAD FAWAID, S.Pd.I
    Jenis Kelamin :*

    Agama :*

    Tempat Lahir :*
    Situbondo
    Tanggal Lahir :*
    08/04/1990
    Alamat Lengkap Sesuai KTP :*

    Jl. Tancak Kembar desa Ardisaeng RT/001 RW./001 Kec. Pakem Kabupaten Bondowoso

    Provinsi :*

    Kabupaten :*

    Kecamatan :*

    Kelurahan / Desa :*

    Kode Pos :*
    68253
    Nomor Telepon Sellular :*
    082331117705
    Alamat Email :* misterfaed@gmail.com
    Pendidikan Terakhir :*

    Jurusan Akademis:*
    PAI
    Nomor Ijazah :*
    190292/091.0001/10/2013

    Tanggal Kelulusan :*
    30/10/2013

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya Nomor NIK dan alamat domisili tidak sesuai !! Berpedoman pada pengkodean NIK menurut Permendagri 56/2015 yang diterapkan oleh Disdukcapil dan digunakan oleh sistem sistem website dalam memverifikasi data yang masuk, bahwa 6 digit didepan nomor NIK yaitu 351202 menunjukkan bahwa anda berasal dari atau berdomisili di Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur. Sedangkan pada penulisan alamat pribadi dan opsi pilihan kabupaten dan kecamatan anda memilih Kabupaten Bondowoso dan Kecamatan Pakem disertai dengan kode pos kecamatan Pakem 68253. Dengan ketidaksinkronan data ini, ketika masuk ke tahap 2 sistem web langsung mengeluarkan notifikasi peringatan Terdapat Masalah Dalam Proses Pendaftaran dan proses registrasi anda tidak dapat dilanjutkan karena sebab yang saya jelaskan diatas.

      Hapus
  42. Quota Kabupaten :
    1. Pendamping Lokal Desa : 0
    2. Pendamping Desa Pemberdayaan : 0
    3. Pendamping Desa Teknik Infrastruktur : 0
    Quota Provinsi :
    4. TA Pemberdayaan Masyarakat Desa : 0
    5. TA Infrastruktur Desa : 2
    6. TA Pembangunan Partisipatif : 1
    7. TA Pengembangan Ekonomi Desa : 1
    8. TA Pengembangan Teknologi Tepat Guna : 1
    9. TA Pelayanan Sosial Dasar : 0
    Minat Posisi : Pendamping Lokal Desa
    Pendamping Desa Pemberdayaan

    saya kasusnya sama beberapa seperti diatas pak. setelah registrasi 2 tdk ada pemberitahuan apapun. sedangkan untuk registrasi tahap 1 berhasil. sdh sy coba berkali kali untuk yg tahap 2 ttp tdk muncul pemberitahuannya.
    itu registrasi tahap 2 yg saya copy pak, posisi yg diminati cuma ada 2 padahal kedua posisi itu keduanya nol pak quota nya. Pengalaman kerja saya sudah 4 th 9 bulan pak. Padahal kuota di kabupaten dan provinsi saya untuk Pendamping lokal Desa dan Pendamping Desa Pemberdayaan banyak pak. Tapi Sarjana nya harus sesuai juga ya pak ? Karena saya sarjana hukum. Mohon konfirmasinya ya pak, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  43. Quota Kabupaten :
    1. Pendamping Lokal Desa : 0
    2. Pendamping Desa Pemberdayaan : 0
    3. Pendamping Desa Teknik Infrastruktur : 0
    Quota Provinsi :
    4. TA Pemberdayaan Masyarakat Desa : 0
    5. TA Infrastruktur Desa : 2
    6. TA Pembangunan Partisipatif : 1
    7. TA Pengembangan Ekonomi Desa : 1
    8. TA Pengembangan Teknologi Tepat Guna : 1
    9. TA Pelayanan Sosial Dasar : 0
    Minat Posisi :* Pendamping Lokal Desa
    Pendamping Desa Pemberdayaan
    Ini saya copy pak dari register tahap 2, kenapa posisi minat pilihannya hanya 2 itu saja ya pak ? dan itu padahal quota nya 0 ? Apakah harus sesuai jurusan ? Saya jurusan hukum sudah pengalaman kerja 4th, setelah registrasi 2 selesai tdk ada pemberitahuan apapun. sedangkan untuk registrasi tahap 1 berhasil. sdh sy coba berkali kali untuk yg tahap 2 ttp tdk muncul pemberitahuannya. Mohon penjelasannya pak, terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau S1 selain Teknik Sipil/Arsitektur boleh melamar posisi apa saja selain PDTI dan TA-ID. Kemudian kalau menggunakan ijazah S1 maka pengalaman dihitung dari tanggal/bulan/tahun ijazah S1 tsb. Misalnya tahun lulus S1 tahun 2013 mau melamar Tenaga Ahli tidak bisa karena syarat pengalaman harus min.5 tahun. Pilihannya hanya bisa PLD/PDP dengan catatan kuota pada lingkup kabupaten tersedia. Posisi PLD dan PDP dikunci pada lingkup kabupaten dalam wilayah provinsi artinya pelamar lintas kabupaten tidak diperkenankan. Makanya sistem web memverifikasi ini melalui nomor NIK.

      Hapus
  44. maaf om admin sebelumnya maaf ,... bisa tolong bantu saya, udah 3 hari ini saya sudah mengisi Register tahap 1 tapi setiap sselesai pengisian dan menekan submit selalu muncul "PLEASE MATCH THE REQUESTED FORMAT",... KIRA2 KESALAHAN DIMANA?? TOLONG DIBANTU,... OM ADMIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errornya di pengisian data apa ya tlg dijelaskan lg. Waktu tinggal 9 jam lg ini..!!

      Hapus
  45. pak.. saya sudah cek tadi formulir tahap 1 saya, dah semuanya sudah sama dengan identitas saya,
    kenapa saat masuk tahap 2 kok keluar kalimat Data Tidak Ditemukan? padahal NIK dan Tanggal lahir yang saya masukkan itu juga pak. mohon solusinya.. thansk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq fokus pertanyaannya ke NIK dan tanggal lahir semua ya..?? Coba dibaca jawaban komentar Saskia Maisyarah diatas.

      Hapus
  46. Selamat malam admin mau tanya, posisi yang akan saya lamar kan PDP/PLD tapi di Desa tempat saya tinggal tidak ada kebutuhan utk posisi itu, apakah itu yang menyebabkan sya gagal mendaftar ke tahap 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi PLD dan PDP dikunci pada lingkup kabupaten dalam wilayah provinsi artinya pelamar lintas kabupaten tidak diperkenankan. Makanya sistem web memverifikasi ini melalui nomor NIK. Kemungkinan gagal lainnya juga disebabkan NIK / KTP pelamar berasal dari ibukota provinsi atau kotamadya yg tidak termasuk dalam wilayah pendampingan program P3MD.

      Hapus
    2. min, gimana format yang benar masukkan alamat (tahap 1) ? tolong bantu....

      Hapus
  47. selamat malam.
    mohon bantuannya. saya bingung, kuota pldnya tertulis -3. itu tanda minus maksudnya apa ya. karena saya sudah sampe pada tahap registrasi 2, dan tidak ada notifikasi apa pun. layarnya diam saja. NIK saya 7403176705850203. tanggal lahir 27/05/1985.
    terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  48. Pagi admin..mau tanya kalau bobot syarat lolos seleksi pasif brpa min??bobot prndaftarn sya 41.50 ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibaca pada artikel Cara Cek Hasil Registrasi Online Pendamping Desa 2017

      Hapus
  49. Balasan
    1. Silahkan dibaca pada artikel Jadwal Tes Tertulis dan Wawancara Pendamping Desa 2017

      Hapus