Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016

Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016 - Kemendesa.go.id - Bagaimana cara menginput data pribadi pelamar saat melakukan registrasi pendaftaran di website Kemendesa? Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh calon pelamar seperti cara mengisi pengalaman kerja, cara menuliskan tanggal lahir bahkan cara mengisi nomor ijazah pun juga banyak sekali ditanyakan. Berikut ini sedikit panduan bagaimana cara pengisian data pendaftaran pendamping desa yang paling banyak ditanyakan.

pendamping desa 2016

1. Bagaimana cara menuliskan nomor ijazah yang benar?
Untuk penulisan nomor ijazah, hanya huruf, angka, spasi, dash (garis hubung), titik dan koma yg diperbolehkan dengan panjang 5 sampai 30 karakter. Jadi kalau misal nomor ijazah anda terdapat garis miring pasti error saat diinput. Hilangkan tanda garis miring dan ganti dengan spasi.

2. Bagaimana cara penulisan tanggal lahir?
Pengisian tanggal lahir pada website menggunakan format MM/DD/YY atau Bulan/Tanggal/Tahun. Misal tanggal lahir 15 Mei 1977, maka penulisannya menjadi 05/15/1977. Urutan penulisan pada web sebaiknya dimulai dengan tahun, bulan dan terakhir klik tanggal. Caranya dengan mengklik tanda panah hitam kecil disudut kanan kolom pengisian tanggal lahir. Geser atau scroll dengan mouse untuk mendapatkan tahun yang diinginkan lalu klik pada tahun tersebut. Kemudian tinggal pilih bulan dan tanggalnya, beres..! Cara pengisian tanggal kelulusan pada ijazah sama persis dengan cara mengisi tanggal lahir.

setting tanggal lahir
Perhatikan fungsi tombol untuk merubah tanggal lahir anda ini !!

Cara alternatif lain:
  • Jika anda mendaftar pada tanggal 6 Mei 2016, maka perhatikan saat membuka halaman web pendaftaran di kolom tanggal lahir akan tertera 05/06/1991. Ini sebagai pengingat bahwa dalam persyaratan disebutkan umur minimal pada saat mendaftar adalah 25 tahun. Untuk merubahnya sesuai bulan, tanggal dan tahun lahir anda mudah saja.
  • Jika anda lahir sebelum Mei 1991, klik dulu pada bulan 05, kemudian gunakan panah kecil turun untuk merubah bulan. Jika sudah klik lagi ditengah pada tanggal 06 , gunakan tombol turun naik untuk merubah tanggal dibagian tengah, Gunakan cara yang sama untuk mengatur tahun lahir anda.
  • Jika anda lahir diatas bulan Mei, maka rubahlah dari belakang (tahun lebih dulu) dengan fungsi penggunaan tombol naik turun sama seperti diatas.


Penjelasan tentang umur saat mendaftar :

  • Jika anda lahir tanggal 16 Mei 1991 sedangkan anda mendaftar pada tanggal 10 Mei 2016, maka sistem secara otomatis akan MENOLAK pendaftaran anda, karena pada tanggal 10 Mei 2016 tersebut artinya umur anda belum mencapai batasan minimal umur 25 tahun meski cuma selisih 6 hari. Berarti kalau bagi yang lahirnya 16 Mei 1991 HARUS mendaftar di hari terakhir tanggal 16 Mei 2016 nanti supaya umurnya tepat 25 tahun. Jika anda memaksakan mau mendaftar maka setting tanggal lahir pada kolom pengisian akan terkunci otomatis.
  • Jika anda lahir diatas bulan Mei 1966, dipastikan pendaftaran anda akan ditolak oleh sistem web karena umur anda sudah melebihi batasan maksimal umur pada saat mendaftar yaitu 50 tahun. Setting tanggal lahir akan terkunci pada posisi tanggal lahir 16 Mei 1966 atau tertera dihalaman web 05/16/1966. Artinya kalau anda lahir 17 Mei 1966 berarti umur anda 50 tahun lebih 1 hari dan pendaftaran anda akan DITOLAK.

3. Bagaimana cara mengisi kolom pengalaman di pemberdayaan masyarakat?
Dihalaman web terdapat 3 baris dan 2 kolom untuk pengisian pengalaman kerja. Pada kolom sebelah kiri cukup diisikan jumlah angka bulannya saja, sedangkan pada kolom sebelah kanannya cukup dituliskan bulan atau isi sesuai pengalaman kerja anda (misal: Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Misal pengalaman kerja sudah 2 tahun di perberdayaan masyarakat, maka pengisiannya: kolom kiri=24, kolom kanan=Bulan atau diisi: Tim Pengelola Kegiatan. Bagaimana kalau pengalamannya banyak sementara cuma ada 3 baris isian? Boleh saja dikumulatifkan (dijumlahkan) total bulan pengalaman kerjanya, atau pilih 3 yang jumlah bulannya paling banyak. Yang pasti pedomannya harus terpenuhi kalau PLD harus minimal 2 tahun (24 Bulan), PD yang D3 minimal 4 tahun (48 Bulan) S1 2 tahun (24 Bulan) dan TA harus 5 tahun (60 Bulan). Jika ada pengalam kerja lain yang tidak termuat saat pengisian dihalaman web mohon untuk file scan-nya TETAP DILAMPIRKAN saat mengirimkan email softcopy berkas lamaran ke Panitia Seleksi (panpel) provinsi masing-masing.

4. Bagaimana cara mengisi kolom pengalaman kalau tidak punya pengalaman kerja?
Pada kasus seperti ini peluang anda ibarat kata tinggal 50% saja. Karena panitia seleksi tetap akan lebih mengutamakan bagi yang sudah punya pengalaman di pemberdayaan masyarakat. Namun saya tidak ingin menyurutkan semangat kawan-kawan yang juga ingin mendaftar ikut seleksi tahun ini. Banyak kasus seperti ini misalnya S1 Teknik Sipil pernah kerja di Konsultan atau Kontraktor, atau lulusan SMA saja tapi di desanya pernah jadi pengurus Karang Taruna, PKK, dsb. Nah bagi anda yang sudah punya pengalaman kerja namun diluar pemberdayaan atau non pemberdayaan, silahkan saja mengisikan kolom pengalaman kerja dengan cara seperti nomor 3 diatas (baca lagi !!). Dikolom isian sebelahnya tuliskan saja pengalaman anda pernah dimana atau menjadi apa sebelumnya. Yang penting jumlah bulannya memenuhi syarat yang diminta. Karena kalau misal anda mendaftar PLD tapi jumlah bulan pengalaman totalnya hanya 18 bulan, maka otomatis akan ditolak oleh sistem web dan pendaftaran anda dinyatakan GAGAL.
Trus bagaimana kalau bagi yang nol pengalaman? Kalau yang ini saya tidak berani jawab karena takut salah dan dipersalahkan nantinya. Untuk itu tanyakan saja ke pihak yang lebih berkompeten atau BPMPD Kab/Kota dimana anda berdomisili.

5. Bagaimana kalau kecamatan di lokasi (kabupaten) domisili saya tidak tercantum di halaman website?
Gampang saja, suruh saja pak Menteri mencantumkan kecamatan anda he he. Penjelasannya seperti ini, misal dalam 1 Kabupaten terdapat 5 kecamatan yaitu A, B, C, D dan E, sementara pada saat mendaftar online kecamatan C tidak ada. Itu artinya jumlah kuota PLD dan PD untuk kecamatan C sudah terpenuhi atau dengan kata lain sudah ada PLD dan PD yang bertugas aktif di Kecamatan C tersebut. Kasus yang sama untuk tenaga ahli atau TA. Jika terdapat kabupaten yang tidak tercantum dihalaman web, berarti di kabupaten tersebut sudah ada Tenaga Ahli yang bertugas. Pilihan buat anda yaitu tinggal memilih lokasi kecamatan atau kabupaten yang tersedia. Yang penting masih dalam 1 Kabupaten atau dalam lingkup 1 provinsi. Maksudnya Kabupaten/Kecamatan/Kelurahan yang dipilih disini anggap saja sebagai pilihan lokasi penempatan tugas nantinya jika anda diterima. Sedangkan pada kolom isian alamat lengkap isikan saja alamat anda secara lengkap termasuk Kabupaten/Kecamatan/Kelurahan/Desa dimana anda tinggal.

6. Bagaimana jika email yang saya cantumkan pada kolom isian salah atau kurang lengkap sedangkan datanya sudah terkirim (submit) ?
Alamat email masih ada kesempatan untuk memperbaiki jika ada kesalahan yaitu saat anda akan mencetak Kartu Seleksi di menu cetak. Pada menu cetak ada 3 kolom isian yang harus anda input yaitu: 1.Nomor Registrasi/NIK, 2.Kirim Ulang Email dan 3.Kode Captcha. Masukkan alamat email anda yang benar pada kolom 2 tersebut.
  

email

Baca juga : Panduan Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016
  
Untuk sementara cuma 6 poin diatas yang membuat banyak calon peserta bingung dalam Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016. Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk anda. Jika masih ada pertanyaan lain, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

24 komentar untuk "Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016"

  1. mohon maaf min mau tanya kok tanggal lahir sm tahun lulus katanya pormat penulisan ny salah padaal saya sdh ikuti seperti format yg admin tulis

    BalasHapus
  2. mohon maaf min mau tanya kok tanggal lahir sm tahun lulus katanya pormat penulisan ny salah padaal saya sdh ikuti seperti format yg admin tulis

    BalasHapus
  3. mohon maaf min mau tanya kok tanggal lahir sm tahun lulus katanya pormat penulisan ny salah padaal saya sdh ikuti seperti format yg admin tulis

    BalasHapus
  4. Delivery to the following recipient failed permanently:

    panselpp2016diy@outlook.com

    Technical details of permanent failure:
    Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain outlook.com by mx1.hotmail.com. [65.55.92.136].

    The error that the other server returned was:
    550 Requested action not taken: mailbox unavailabl

    BalasHapus
  5. Ketinggalan tanda titik mas eko ! panselpp2016.diy@outlook.com

    BalasHapus
  6. apa bisa langsung kirim berkas softcopy ke panselpp2016.diy@outlook.com pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa melakukan registrasi online maksudnya? Karena sudah tahu alamat email pansel kemana harus mengirim lamaran? Sebaiknya ikuti saja mekanisme yang ada kalau memang berminat mendaftar dan ingin diterima, tapi kalau niatnya cuma coba-coba ya terserah saja...

      Hapus
    2. kalau gak ada kartu ujiannya kan gak lengkap .. hehe

      Hapus
  7. Pengalaman Kerja pemberdayaan masyarakat itu apa mas.apakah guru ,pegawai bank juga termasuk?

    BalasHapus
  8. Misalnya pnpm, pamsimas, sanimas,dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau Pengelola Perpustakaan Desa juga masuk ya dalam pemeberdayaan dalam bidang pendidikan

      Hapus
  9. Assalamualaikum wr.wb
    saya mau tanya? Bagai mana kalau kartu pesertanya terlalu panjan kertasnya bisa gak ikut Tes? Tolong konsfirmasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu panjang gimana maksudnya? Kalau ada kartu peserta ya boleh dong ikut tes karena sudah terdaftar

      Hapus
  10. Min mau tanya, kalau saya salah memasuka RT gimana? Seharusnya rt 04 tp salah tulis rt 08.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kalau tes tertulis nanti bawa saja KTP asli, kalau dikonfirmasi alamat tunjukin aja ktpnya

      Hapus
  11. gimana memasukkan kode captcha pada saat pencetakan, sulit sekali.

    BalasHapus
  12. terus gimana mau melihat nomor registrasi karena lupa. terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan NIK ktp 16 digit angka, kalau kode captcha kurang jelang jelas direfresh aja klik tombol kecil dibawahnya supaya muncul kode baru

      Hapus
  13. Assalamualaikum
    Slamat malam mas...
    Saya mw nanyakk di kolom registrasi
    Gkda from pengisian pendidikan terakhir jurusan SMK
    Yang ada SMA ...apakah bisa ikut daftar mas
    Truss klo di isi SMA tapi jurusannya dibuat TEKNIK MESIN gmn ya mas??
    Tolong Penjelasannya mas
    Makasih....

    BalasHapus
  14. Min mau tnya nih..saya sudah dapat kartunya..dan sudah kirim dokumen ijazah dll...trus ko ga da lg blasan tgl ujian ya kpan ya...? Mohon penjelasan ya

    BalasHapus
  15. Asslamualaikum< min Mau tanya apa Pengelola Perpustakaan Desa termasuk dalam kategori Pemberdayaan desa dalam lingkup pendidikan gak yah ??

    BalasHapus
  16. Min Mau tanya.saya sudah registrasi on line. sudah ada kartu tapi berkas softcopy sya belum kirim ke website propinsi. apakah sya bisa mengirim soft copy lmaran stelah tamggal 16 mei?

    BalasHapus