Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur dan Cara Pendaftaran Pendamping Desa 2016

Alur dan Cara Pendaftaran Pendamping Desa 2016 - Kemendesa.go.id - Bagi anda yang berminat untuk mengikuti seleksi rekrutmen tenaga pendamping profesional Kemendesa tahun 2016, silahkan dibaca dulu panduan cara pendaftaran pendamping desa 2016 berikut ini :

1. Pastikan anda sudah mempersiapkan scan kartu tanda pengenal (KTP) seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya DISINI.
2. Buka website PENDAFTARAN.
3. Baca dan pahami alur pendaftaran seperti dibawah ini.

Alur Pendaftaran Pendamping Desa Tahun 2016 (kemendesa.go.id)

4. Jika sudah dibaca, gulung layar kebawah dan centang pada tulisan: Saya menyatakan telah mengerti dan menyetujui Syarat dan Ketentuan diatas, kemudian klik tombol SETUJU.

setuju

5. Selanjutnya anda akan dibawa pada tampilan antar muka REGISTRASI ONLNE seperti gambar dibawah. Isi data lengkap pribadi anda, posisi yang dilamar, dst.

form pendaftaran pendamping desa 2016

6. Jika sudah terisi semua klik tombol SUBMIT dibagian bawah layar, jika ada data yang salah tekan tombol RESET untuk kembali ke pengisian awal.

submit pendaftaran

7. Setelah klik tombol SUBMIT, selanjutnya akan tampil halaman verifikasi data dimana anda diminta untuk memastikan kembali bahwa semua data yang diinput sudah benar dan lengkap.Jika ternyata masih ada kesalahan, tekan tombol EDIT untuk memperbaiki.


submit-3

8. Jika isian data registrasi sudah dipastikan benar dan lengkap, ketik kode capcha pada kotak yang tersedia, klik centang pada bagian pernyataan "Dengan ini saya menyatakan...", kemudian klik tombol SUBMIT.

submit-4

9. Proses pendaftaran selesai,

Cara Cetak Kartu Tanda Peserta Seleksi Pendamping Desa 2016 :


1. Jika anda sudah menyelesaikan proses registrasi online dengan pengisian data yang benar pastinya anda akan mendapatkan Nomor Registrasi yang tercantum dalam pesan tampilan layar seperti dibawah ini.

sukses
Gambar-1

2. Bagi peserta pendaftaran online yang dinyatakan lulus kualifikasi minimal (kualifikasi ijazah, memenuhi batasan usia dan pengalaman kerja) akan menerima pemberitahuan ke alamat EMAIL anda dari Panitia Seleksi yang berisikan Nomor Registrasi dan petunjuk berikutnya. (Mohon dibaca kembali pada gambar alur pendaftaran)

3. Jika anda telah menerima email dimaksud, selanjutnya anda dapat mencetak kartu tanda peserta agar nanti bisa dibawa pada saat pelaksanaan tes tertulis. Jika tidak ada menerima email dimaksud, lakukan cetak kartu seleksi dengan cara input NIK anda (16 digit)

4. Langkah cetak kartu peserta yaitu dengan mengklik tombol CETAK KARTU pada menu navigasi atas tepat di pojok kanan pada website pendaftaran.

cetak kartu

5. Masukkan Nomor Registrasi pendaftaran anda (8 digit) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang anda tulis pada form registrasi sebelumnya. Klik tombol TAMPILKAN.

kartu pendaftaran pendamping desa 2016

kartu peserta
Gambar-2

6. Kemudian tekan tombol Download Kartu yang terdapat dibagian bawah tampilan Kartu Seleksi tersebut, maka anda akan mendapatkan file unduhan Kartu Seleksi anda dalam format PDF. Nama file hasil download adalah KartuPeserta_12345678.pdf (diikuti Nomor Registrasi 8 digit anda) atau KartuPeserta_xxxxxxxxxxxxxxxx.pdf (diikuti 16 digit NIK anda) tergantung nomor yang mana yang anda masukkan pada saat proses cetak. Simpan file PDF kartu peserta ini karena harus disertakan juga dalam dokumen yang akan dikirimkan melalui email ke panitia seleksi provinsi. Kedua, kartu tersebut juga wajib anda bawa nanti pada saat mengikuti tes tertulis, tentu saja yang dibawa saat tes adalah hasil printnya bukan file.

7. Cetak kartu selesai. Baca Informasi penting dibawah ini !!

info penting pendamping desa 2016

Baca juga :



Demikian Alur dan Cara Pendaftaran Pendamping Desa 2016 ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda yang berminat mendaftar. Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar.


167 komentar untuk "Alur dan Cara Pendaftaran Pendamping Desa 2016"

  1. Jadwal dan pegumuman selanjutnya kapan???

    BalasHapus
  2. CARA MEMASUKAN NOMOR IJAZAH BAGAIMANA YA MAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memasukkan nomor ijazah harus ekstra hati-hati ! Jangan sampai ketinggalan tanda spasi, titik, garis miring, salah huruf besar dan kecil, karena server web sudah merekam data input pengkodean ijazah (SMA/sederajat) berdasarkan tahun pengeluaran ijazah. Makanya begitu ada kesalahan pengisian saat mendaftar akan muncul pesan kesalahan. Dicoba saja lagi ya..

      Hapus
    2. ass.mau tanya pd admin,,format file yang harus d kirim melalui email ke panitia pdp harus mengguna format apa ,apakah pdf,jpg dll ? mhon infonya

      Hapus
  3. Cara penulisan nomor seri ijazah yang benarnya gimana ?
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh penulisan ijazah SMA tahun terbit 1991 : 25 OB og 000xxxx
      dituliskan 25(spasi)OB(spasi)ob(spasi)000xxxx = total 16 digit termasuk spasinya.

      Hapus
  4. format penulisan tanggal lahir yg benarseperti apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Format tanggal lahir: mm/dd/yy atau bulan/tanggal/tahun. Misal 25 Mei 1985 maka akan tertera 05/25/1985. Supaya mudah pilih tahunnya dulu dengan mengklik tanda panah hitam kecil dipojok kanan. Scroll dengan mouse untuk turun naik layar memilih tahun yang sesuai, baru pilih bulannya dan terakhir adalah tanggal lahir.

      Hapus
  5. Assalamu 'alaikum. Maaf mau tanya, bagaimana cara pengisian kolom pengalaman kerja/bidang pemberdayaan masyarakat. Apapun yg saya tulis,semuanya dianggap salah, jadi saya bingung... tiap kali submit pasti disuruh koreksi bagian itu, tp tidak tau apa yg harus dikoreksi. Trims. Wassalam.

    BalasHapus
  6. Misal pengalaman 3 thn berarti 36 bulan. Cara pengisian pada kolom pertama isikan 36 pada kolom kedua tuliskan bulan.

    BalasHapus
  7. setelah cetak di bawah ada link download kartu peserta, selajutnya bagaimana untuk pengiriman biodata?

    BalasHapus
  8. kecamatan alamat saya kog gak ada y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang susah pak nyari "kecamatan saya". Kalo disebutkan mungkin bs bantu telusuri.

      Hapus
  9. sore pak.untuk pengalaman dalam pembangunan atau pemberdayaan desa masukdalam persyaratan berarti bagi pendaftar yg tidak ada pengalaman di di dalam pembangunan dan pemberdayaan desa tidak bisa mendaftar ya pak.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya tidak boleh atau tidak bisa mendaftar, tapi akan lebih diutamakan bagi yang sudah punya pengalaman sebelumnya di pemberdayaan masyarakat. Penilaian akhir ada di panitia provinsi masing-masing. Silahkan saja kalau mau mendaftar tidak ada yang melarang.

      Hapus
  10. ada batas terakhir pendaftaran pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PENGUMUMAN PENERIMAAN TENAGA PENDAMPING PROFESIONAL (NON CPNS) KEMENTERIAN DESA PDTT R.I - PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (P3MD) TAHUN 2016 (Pendaftaran online: 04 - 16 Mei 2016)

      Hapus
  11. nama saya sudah ulang-ulang saya masukkan tapi tdak diterima oleh aplikasi,, mohon solusinya bagaimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan kesalahannya apa koq tidak disebutkan? Karena kalau error pastinya ada field mana yang salah akan disebutkan dalam pesan kesalahan itu. Kalau salah berulang tutup dulu link pendaftarannya kemudian hapus cache pada browser anda. Pada chrome => setting>history>clear browsing data. Baru coba akses lagi.

      Hapus
  12. Assalamualikum.. begini pa, saya sudah dapat email sampai cetak kartu. Trus di suruh ngirim email ke panselpp2016.kalsel@outlook.com yg isinya d suruh scan ktp, scan ijazah dan ngirim cv. Tp selalu gagal. Kenapa ya? Mohon di jelaskan. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda menerima pesan otomatis "Delivery to the following recipient failed permanently" ? Kalau seperti itu kasusnya,bisa ditanyakan langsung ke Satker P3MD Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kalimantan Selatan. Coba saja ditanyakan via telpon, mungkin alamat email penerimaan belum diaktifkan atau ada alasan lainnya. Terimakasih

      Hapus
    2. Untuk mengetahui nomer telpon yg bersangkutan dimana ya?

      Hapus
    3. Kirimkan saja email balasan gagal kirimnya kesini: masmiptahku@gmail.com, nanti saya balas ke alamat emailnya langsung.

      Hapus
    4. Saya coba lagi td. Dan sdh terkirim. Tp tdk ada blsannya. Apa memang seperti itu? Apa harus menunggu email blsan? Atw bagaimana? Mohon solusinya pa

      Hapus
    5. Yang penting sudah sukses terkirim Mawar, nungguin balasan paling2 ucapan terimakasih atas partisipasinya. Yang perlu ditunggu itu email panggilan buat mengikuti tes tertulis he he. Sementara nunggu jadwal tes belajar dulu soal undang-undang desa, permendagri, permendesa, dll.

      Hapus
    6. Owh... gitu ya.. terima kasih sarannya.

      Hapus
  13. pendaftaran pendamping desa ini sampai tanggal berapa ya mas...????

    BalasHapus
  14. Ada keharusan untuk mengirimkan Hardcopy tidak ya??

    BalasHapus
  15. Saya salah menginput bulan pada pengalaman kerja, sehingga tidak bisa diulang lagi. Bagaimana cara supaya saya bisa registrasi ulang lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya gak bisa lagi ya? Wah...sayang banget pengalaman suda ada dan ingin bergabung jadi sirna nih..:'(

      Hapus
  16. iya pak banyak teman saya yang salah input pengalaman kerja ?? mohon untuk data yang sudah di isi supaya bisa diperbaiki pak.

    BalasHapus
  17. Gimana Gan... Sepertinya pada saat setelah pendaftaran Pendamping desa ini, peminat tidak harus mengirimkan surat lamaran/permohonan kerja. Yang tertera setelah proses Reg online tersebut, pelamar hanya mengirimkan :1.KTP, 2.Kartu Peserta, 3. Ijazah terakhir, 4.CV, 5.Keterangan Kerja, 6.Sertifikat. Apakah demikian proses awal ini, Mohon petunjuknya Gan ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, lamaran yang dimaksud memang bukan surat lamaran, tetapi dokumen pendukung seperti yang bapak sebutkan diatas sudah benar. Lanjutkan saja pak.

      Hapus
  18. setelah cetak kartu kan ada konfirmasi melalui email,, sdah di priksa email ko blum ada jwban ya mas, itu bagaimna ya solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nopita Sari... Memang biasa ada ucapan terima kasih karna sudah berpatisipasi. Tunggu saja nanti ada tuh balasan dari panselpp Provinsi sesuai domisili anda.
      Perhatian :
      Peserta diwajibkan mengirimkan dokumen softcopy (kartu peserta seleksi, ktp, cv, ijazah terakhir dan dokumen pendukung sesuai cv) ke alamat email sesuai domisili provinsi pelamar. Contoh balasannya sbb :
      FORMAT PENGIRIMAN EMAIL:
      Subjek: format: nomor registrasi-nama lengkap
      Format Nama File:
      1. KTP format: KTP-nomor registrasi-nama lengkap
      2. CV format: CV-nomor registrasi-nama lengkap
      3. Ijazah Terakhir format: Ijazah-SLTA/D3/S1/S2/S3-nomor registrasi-nama lengkap
      4. Keterangan Kerja format: Keterangan Kerja-nomor registrasi-nama lengkap
      5. Sertifikat format: Sertifikat-nomor registrasi-nama lengkap. tunggu saja ada tuh...

      Hapus
  19. selamat sore pak,.
    mohon maaf,tadi saya registrasi online salah input data pak,.
    pada pengalaman pemberdayaan yg seharusnya 22 bulan dlm organisasi salah input jadi 12 bulan,sementara pada pemberdayaan yg lain 7 bln sdh benar,jadi kebacanya 19 bln yg seharusnya 29 bulan,.
    cara membenarkannya bagaimana pak? mohon penjelasannya,.

    BalasHapus
  20. saya sudah mendatar berulang kali...tapi setiap submit selalu muncul tulisan "Internal Server Error

    The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

    Please contact the server administrator, webmaster@kemendesa.go.id and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

    More information about this error may be available in the server error log.

    Apache/2.2.15 (CentOS) Server at pendamping2016.kemendesa.go.id Port 80" MOHON PENJELASANNYA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penjelasannya seperti itu berarti sedang ada masalah pada server web registrasi online Kemendesa. Penyebabnya bisa jadi karena server sedang DOWN akibat banyaknya pengguna yang mengakses situs tersebut pada saat yang bersamaan. Solusinya jangan panik, coba saja akses kembali web setelah 1 atau 2 jam kemudian, atau anda pilih waktu diluar jam sibuk (peak hours) untuk mendaftar. Mungkin pagi antara pukul 06.00 s/d 09.00 WIB.

      Hapus
    2. Betul Makassar Juga Demikian Halnya Submit Error

      Hapus
  21. mohon solusinya,, kenapa ya kecamatan kami tidak masuk dalam registrasi online... contohnya kabupaten Mandailing Natal, Kecamatan Lembah Sorik Marapi... Jadi Kecamatan Lembah Sorik Marapi tidak masuk dalam sistem registrasi online...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah ini sudah dijelaskan pada artikel Cara Pengisian Data Pelamar Pendamping Desa 2016. Kalau kecamatan anda tidak tercantum dihalaman web, maka artinya Kecamatan Lembah Sorik Marapi sudah terpenuhi kuotanya sehingga yang tersedia tinggal kecamatan lainnya dalam Kabupaten tersebut (Mandailing Natal). Perlu diketahui bahwa sumber data pemetaan jumlah kebutuhan TA, PD dan PLD berasal dari provinsi masing-masing. Solusi untuk anda, silahkan kalau mau melamar dengan opsi jika anda lulus maka anda pastinya akan ditempatkan diluar kecamatan anda sendiri.

      Hapus
    2. kenapa bang jadi klo untuk sulawesi selatan uda penuh yabang soalnya kecamatan sama kabupatennya tdk bisa muncul

      Hapus
  22. apakah bisa mendaptar tidak memili opsi kabupaten sama kecamatannya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukkan saja data alamat anda pada kolom alamat sesuai KTP secara lengkap termasuk kecamatan/kelurahan/desa domisili anda. Kemudian pada kolom isian kelurahan dan kecamatan yang ada dibawah kabupaten, pilih saja menurut pilhan anda sendiri. Anggap saja itu adalah opsi pilihan penempatan anda jika dinyatakan lulus nantinya. Mungkin solusi ini bisa dipakai bagi yang kuotanyanya 0. Silahkan dicoba.

      Hapus
  23. saya pusing daftarnya pas di klik submit malah muncul tulisan kecil please match the requested format

    BalasHapus
  24. Maaf, mohon infonya. batas penerimaan sampai tanggal berapa?

    BalasHapus
  25. mohon imfo. kartu peserta tidak tampil... tlg bagemana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dicoba input dengan Nomor Registrasi atau NIK belum? Anda mengakses web versi desktop atau mobile?

      Hapus
  26. saya pusing daftarnya pas di klik submit malah muncul tulisan kecil please match the requested format dikolom pengalaman kerja,,gmn cara atasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pengisian pada kolom tidak sesuai dengan format yang diminta, pasti akan muncul tulisan seperti itu. Silahkan dibaca lagi pada artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa

      Hapus
    2. data sudah ok tapi error server ces buka jalur cadangan donk biar ngak numpuk kita cess

      Hapus
  27. Selamat malam admin
    Saya baru mau daftar
    Tadi saya baca, saat tes tertulis membawa hardcopy dokumen masing2/seperti ijazah, ktp, dll
    Itu ijazah asli atau fotocopy saja? Terimakasih sblumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hardcopy yang dibawa pada saat tes adalah dokumen asli

      Hapus
    2. Terimakasih banyak atas info nya :)

      Hapus
  28. contoh pengiriman lampiran emailnya gimana pak ?

    BalasHapus
  29. saya sudah mengirim data dan belum sampai ke tahap verifikasi data krn komputer mati, apakah data yang saya kirim belum masuk dan perlu daftar lagi?

    BalasHapus
  30. permisi admin,, minta solusi untuk cara pengisian. kolom nama selalu saja ada komentar "masukkan sesuai dengan format yang diminta". padahal format yang saya lakukan sudah benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama harus lengkap, jangan pakai singkatan atau tanda baca dan gelar

      Hapus
  31. Pak pengalaman saya 27 bulan tapi saya tertulis 17 bulan,
    Apakah saya bs mengulang mendaftar lagi pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran hanya bisa 1 kali tidak bisa diulang. Jadi data yang terinput dan terkirim juga tidak bisa diperbaiki. Saat mendaftar juga sudah diberi kesempatan verifikasi kembali data yang sudah kita isikan bukan? Terburu-buru dan kekurang telitian memang bisa membawa resiko bu..

      Hapus
  32. sya sudah mendaftar tapi setelah submit yang muncul
    Mohon Maaf Format Data yg Anda Masukkan Salah
    Tanggal Lahir -> Format Tanggal Tidak Benar
    Tanggal Lulus -> Format Tanggal Tidak Benar
    Status Pernikahan -> yang anda pilih tidak tersedia

    (kembali)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Format tanggal lahir dan lulus adalah MM/DD/YY atau Bulan/Tanggal/Tahun. Jika anda mendaftar hari ini tanggal 9 Mei 2016, maka saat anda membuka halaman web di kolom tanggal lahir akan tertera 05/09/1991. Hal ini mengacu pada persyaratan minimal umur pada saat mendaftar 25 tahun !! Untuk merubahnya sesuai bulan,tanggal dan tahun lahir anda klik secara berurutan dari depan pada 05 dulu, kemudian klik panah turun naik untuk merubah bulannya sesuai bulan lahir anda. Trus klik pada tanggal dan tahun dengan cara yang sama. Untuk tahun kelulusan caranya sama persis seperti pengisian tanggal lahir. Sedangkan status pernikahan hanya tersedia 2 pilihan Menikah dan Tidak menikah.

      Hapus
    2. sy mau merubah bulannya tapi tidak bisa. hanya sampai batas bulan mei. mau merubah ke bulan agustus begaimna caranya ya??

      Hapus
    3. Rubah dulu tahun 1991 dibagian belakang itu baru anda bisa merubah bulan dan tanggalnya.

      Hapus
  33. bagaimana cara mendaftar ulang karena tadi saya mendaftarkan teman saya dan pengalaman kerjanya salah menulisnya sehingga dinyatakan gagan dan mau mendaftar ulang tidak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kalau tidak bisa lagi mendaftar karena NIK yang sudah dimasukkan telah terekam oleh sistem pada web. Itulah sebabnya sejak awal di halaman persiapan pendaftaran sudah dijelaskan pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 kali saja dengan 1 pilihan posisi yang dilamar. Dan telah diberikan 1 kali kesempatan untuk verifikasi kembali data yang sudah diinput sebelum menekan tombol SUBMIT.

      Hapus
  34. kami kesulitan pada saat mencetak kartu ujian padahal kami sudah memasukan nomor registrasi yg terima lewat email dan setiap kami masukan nomor registrasi atau NIK sesuai KTP selalu muncul :Please enter a value less than or equal to 16 "..mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pesan tersebut kesimpulannya anda kelebihan menginput data angka nomor registrasi atau nomor NIK. Jika menggunakan No Registrasi pastikan jumlah angkanya hanya 8 digit atau jika dengan NIK jumlah angkanya hanya 16 digit.

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. cara mengisi Pengalaman Bidang Pemberdayaan :*
    Masyarakat bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca pada artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016

      Hapus
  37. Assalamualaikum bapak pendamping saya mau tanyakan email panitia seleksi pendamping desa untuk wilayah sulsel

    BalasHapus
  38. panselpp2016.sulsel@outlook.com
    Coba kirim emailnya diluar jam sibuk setelah jam 9 malam nanti atau pagi jam 6 s/d jam 9.

    BalasHapus
  39. Gmn subyeknya pak klo kita ngirim ke pansel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subyek email: Nomor Registrasi-Nama Lengkap (diisikan sesuai no reg anda dan nama anda maksudnya)

      Hapus
  40. gan bagaiman kalau email salah input.... apa solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan sudah saya jawab kemarin Pak Tono. Bapak masuk ke menu cetak di website Kemendesa. Isi alamat email bapak yang benar dikolom ke-2 yang ada tulisan Kirim Ulang Email, trus cetak lagi kartunya pak ya.

      Hapus
  41. Assalamualaikum pak mohon petunjuknya
    1. adakah format standar surat lamaran dan CV untuk Pendamping Desa Pemberdayaan
    2. Alamat d tujukan k istansi/dinas apa pak sy dari kalimanatan barat.kab.landak.
    terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaiukumsalam wr.wb pak Masudi,
      1. Tidak ada format standar untuk CV, saran saya buat saja di Excel dimana posisi pengalaman terakhir diurutkan paling atas.
      2. Bapak WAJIB mendaftar online dulu di website Kemendesa, setelah registrasi dan cetak kartu selesai maka terakhir bapak akan diminta untuk mengirimkan dokumen pendukung yang diminta ke alamat email panselpp2016.kalbar@outlook.com

      Hapus
  42. saya salah input pengalaman saya kira 3 tahun terahir bagaimana cara membenahinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan input pengalaman kerja tidak bisa diperbaiki

      Hapus
    2. Gak bisa di reset Mas? padahal saya sejak 2005 di KPMD . saya salah imput mas...
      Tolong mas...

      Hapus
    3. Kesalahan pengisian data tidak bisa diperbaiki, sayang sekali anda tidak membaca lebih dahulu artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016 dan Panduan Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016. Akibat terburu-buru, tidak hati-hati dan teliti memang FATAL ! Mohon maaf mas tidak bisa membantu, banyak juga yang ngadu langsung ke pansel tapi tidak dilayani.

      Hapus
    4. Tolonglah kami sekali lagi yang salah input dikasih mendaftar lagi gan. please.

      Hapus
    5. Pendamping Desa Yang terhormat,
      Prioritaskan kami dari PNMP MP, saya dari Pendamping Lokal Terus KPMD...masa langsung digantikan ke orang lain..cuman karna kesalahan input data..menurut saya Gugur berkas itu pada saat pencocokkan data dan berkas aslinya sesuai atau tidak/verifikasi data..

      Hapus
  43. mas kenapa ketika saya buka untuk pendidikan tidak ada menu pilihan untuk pendidikan,kabupaten,kecamatan dan kelurahannya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada salah satu kolom isian yang tidak muncul saat dibuka berarti pengaruh loading halaman yang tidak sempurna. Caranya tinggal refresh aja atau buka halaman di tab baru. Untuk masalah Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan yang tidak ada silahkan dibaca saja pada artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016.

      Hapus
    2. Allah aja yg menciptakan kita jika kita bersalah pasti dimaafin. Masak kita sama sama hamba tidak bisa maafin? Jadi saran saya tolonglah kasih solusi bagi yg salah dalam proses pendaftaran. Kan sayang juga. Lagian masyarakat kita masih banyak yg awam internet. Jadi kesalahan hal sangat wajar. Jadi tolonglah ari solusi... selama kita ikhlas, niat baik untuk membantu pasti bisa. Modah mudahan saja.

      Hapus
    3. Allah aja yg menciptakan kita jika kita bersalah pasti dimaafin. Masak kita sama sama hamba tidak bisa maafin? Jadi saran saya tolonglah kasih solusi bagi yg salah dalam proses pendaftaran. Kan sayang juga. Lagian masyarakat kita masih banyak yg awam internet. Jadi kesalahan hal sangat wajar. Jadi tolonglah ari solusi... selama kita ikhlas, niat baik untuk membantu pasti bisa. Modah mudahan saja.

      Hapus
  44. Asalamualikm, maaf mas saya bingung untuk info ini

    FORMAT PENGIRIMAN EMAIL:
    Subjek: format: nomor registrasi-nama lengkap
    Format Nama File:
    1. KTP format: KTP-nomor registrasi-nama lengkap
    2. CV format: CV-nomor registrasi-nama lengkap
    3. Ijazah Terakhir format: Ijazah-SLTA/D3/S1/S2/S3-nomor registrasi-nama lengkap
    4. Keterangan Kerja format: Keterangan Kerja-nomor registrasi-nama lengkap
    5. Sertifikat format: Sertifikat-nomor registrasi-nama lengkap

    Pada poin 4 ada Surat keterangan kerja, itu surat kerja apa ya? Sejenis SK?
    Pada poin 5 tentang sertifikat, itu sertifikat apa yang harus di uplode?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon dibaca penjelasan lengkapnya di artikel Panduan Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016. Silahkan dipahami dengan cermat.

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Mau tanya mas, Setelah kirim berkas2 pendukung sprt :1.KTP, 2.Kartu Peserta, 3. Ijazah terakhir, 4.CV, 5.Keterangan Kerja, 6.Sertifikat. melalui email panselpp2016 kapan balasan atau pemberitahuan utk info selanjutnye . Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capek deeehhhh, jawabannya sudah ada di lustrasi Gambar-1 diatas !! Silahkan dilihat aja lagi ya. Kasian yang nulis dan capek2 buatkan ilustrasi gambarnya kalau tidak dilihat dan dibaca he he..

      Hapus
  47. Kapan tgl pengumuman peserta dengan jadwal tes tertulis dan psikotes.

    BalasHapus
  48. Gimana cara riset ulang pendaftarannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmana memperbaik kesalahan dalam penulisan Pengalaman kerja

      Hapus
    2. Pendaftaran tidak bisa diulang, kesalahan pengisian pengalaman kerja juga tidak bisa diperbaiki.

      Hapus
  49. admin mohon petunjuknya data yang keluar kyak gni..

    Mohon Maaf Format Data yg Anda Masukkan Salah
    Status Pernikahan -> yang anda pilih tidak tersedia
    Alamat -> Hanya Huruf, Angka, spasi, dash, titik, koma, slash, backslash yg diperbolehkan dan panjang 5 sampai 200 Karakter (Jalan A.Yani RT/RW 005/- kelurahan sungaiselan atas kecamatan sungaiselan

    tolong kasih contohnya....

    BalasHapus
  50. FORMAT PENGIRIMAN EMAIL:
    Subjek: format: nomor registrasi-nama lengkap
    Format Nama File:
    1. KTP format: KTP-nomor registrasi-nama lengkap
    2. CV format: CV-nomor registrasi-nama lengkap
    3. Ijazah Terakhir format: Ijazah-SLTA/D3/S1/S2/S3-nomor registrasi-nama lengkap
    4. Keterangan Kerja format: Keterangan Kerja-nomor registrasi-nama lengkap
    5. Sertifikat format: Sertifikat-nomor registrasi-nama lengkap
    setelah cetak kartu batas waktu pengiriman dokumen2 tersebut diatas berapa lama? mohon penjelasan

    BalasHapus
  51. maksut nya buat daftar dapet nomor regist...gmna ya stlah data sudah beres ..saat klik submint gak muncul lagi,,,mohon arahannya

    BalasHapus
  52. setelah memasukan data buat masuk ke registrasi..kosong..dan saat cek...di cetak kartu lwat nomor nik jga gak kedaftar mohon arahannya

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. File surat keterangan kerja ada 6 Lembar, Ijazah Ada 3 Lembar, sertifikat ada 5 lembar. apakah filenya disatukan dalam word atau dibuat satu file dlm JPEG?? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau disatukan dalam Word kemudian disave as PDF juga boleh. Kalau satu-satu juga boleh tinggal ditambahkan nomor urut. Penjelasannya bisa dibaca pada artikel Panduan Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016

      Hapus
  55. Selamat Siang Pak, Saya sudah Mengisi semua Kolom dengan tepat, taoi kok ndak bisa terkirim, ketika saya submit, malah muncul, please match the requested format, iyu aja yang muncul, minta tolong solusinya. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama masih muncul tulisan "please match the requested format" berarti masih ada kolom yang pengisiannya tidak benar, atau file scan KTP dibagian paling atas hilang bisa juga, jadi harus diupload lagi.

      Hapus
  56. Kesalahan pengisian data tidak bisa diperbaiki, sayang sekali anda tidak membaca lebih dahulu artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016 dan Panduan Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016. Akibat terburu-buru, tidak hati-hati dan teliti memang FATAL !
    karna kesalahan input...bisakah saya kirimkan bukti berkas yang salah tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja kontak ke seknaspmd@kemendesa.go.id

      Hapus
    2. miptah farid@ trima kasih infonya...
      Pendamping Desa yang ada hanya sekedar berkunjung dan kami tidak kenal..
      saya ingin membangun desa saya...dari saya dari kita dari kami.,

      Hapus
  57. Ass maaf bapak pendamping sya mau tanya sya sudah kirim berkas ke panselpp tpi sampai saat ini blom ada blasan dari panselpp,,,,gmn ini pak?

    BalasHapus
  58. Ass maaf bapak pendamping sya mau tanya sya sudah kirim berkas ke panselpp tpi sampai saat ini blom ada blasan dari panselpp,,,,gmn ini pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khawatir..yang penting sudah terkirim kan? Email balasan itu ada yang terima banyak juga yang tidak tergantung panselnya. Tungguin aja email panggilan tes tertulis ya, cek selalu kotak masuk emailnya sama folder spam, siapa tau emailnya salah kamar..!

      Hapus
  59. kami sudah berhasil mendaftar,dan mencetak kartu ujian.tapi saat kami mengirim email ke panselpp.sumut@outlook selalu gaga.kemudian saya kirim ke seknaspmd@kemendesa.go.id berhasil terkirim.apa boleh selerti itu?dan gmn cara mengetahui email kita udh dibaca .thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh Melva.., dokumennya jangan dikirim ke seknaspmd@kemendesa.go.id ya, tapi tetap ke email panselpp2016.sumut@outlook.com (tuh email yg benar). Coba aja dikirim ulang dan pastikan ukuran lampiran email jangan lebih dari 15MB nanti mental lagi emailnya..

      Hapus
    2. Pendamping Desa Yth, jika tidak ada solusi yang diberikan kepada kami dalam hal keselahan penginputan data tentang jumlah bulan pengalaman pemberdayaan..
      saya mohon izin untuk mengirim berkas ke Kantor pusat 1 dan 2 serta ke Ditjenppmd..trims

      Hapus
    3. Kalau bisa jangan kirim ke kemendesa atau ditjen ppmd, kemungkinan akan diabaikan. Saran saya coba konsultasikan masalahnya dengan Satker P3MD prov/kab/kota dimana anda tinggal dengan membawa dokumen lamaran lengkap. Jelaskan saja pemrmasalahan yang anda hadapi, mudah2an dari sana dapat memberikan solusi jalan keluar.

      Hapus
  60. Terimakasih info dan tanya jawabnya.

    BalasHapus
  61. kalau gagal mendaftar sqlah dalam masa kerja masih bisa pak mendaftar lg karena banyak pengalaman kerja twtapi hanya satu masih terdaftar tolong di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan input data yang sudah terkirim tidak bisa diulang pak! Sayang sekali "korban" masih terus berjatuhan, padahal panduannya sudah lengkap dituliskan disini. Silahkan coba hubungi Satker BPMPD prov/kab/kota dimana anda tinggal dan konsultasikan masalahnya.

      Hapus
  62. apakah boleh kita memilih tempat pendampingan desa tidak sesuai dengan kartu tanda penduduk (tampat berdomisili), tetapi desa yang kita pilih tersebut masih dalam satu kecamatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ngatur penempatan nantinya adalah Satker P3MD Provinsi, tidak mutlak harus kembali ke kecamatan/kelurahan/desa anda. Sarannya pilih saja desa anda kalau dihalaman web memang ada. TERKECUALI tidak ada, maka silahkan lakukan seperti yang anda maksud dengan asumsi bahwa kuota PLD di kel/desa sudah terpenuhi sehingga anda harus mendaftar untuk lokasi lain. Yang penting pada kolom alamat cantumkan alamat lengkap termasuk kec/kel/desa asal anda.

      Hapus
  63. HOllo... teman2 saya suda pengsian data/sudah oke,tapi tidak muncul cetak kartu anggota. maaf anda sudah terdaftar
    kembali

    BalasHapus
  64. Met pagi pa, pak bagaimna kita bisa mengetahui kuota yang di butuhkan di wilayah kita , dan berapa banyak yang sudah mendaftar, kalau saya tidak memasukan pengalam kerja bgmn pa , karena pengalaman kerja di swasta...... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca artikel Daftar Kuota Pendamping Desa 2016 dan Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa di blog ini. Lihat di daftar isi

      Hapus
  65. Silahkan Masukan Nomor registrasi (Sebanyak 8 Digit) atau Nomor NIK pada KTP (Sebanyak 16 Digit).nik email udah Captcha masukan kota.Data yang anda cari tidak ditemukan ap susluinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh jadi karena server web lg gangguan. Coba tutup dulu semua tab di browser anda, kemudian hapus semua cache pada browser (mudah2an paham). Kemudian buka lagi browser google chrome dan lakukan proses cetak kartunya. Semoga berhasil

      Hapus
  66. Panselpp/Pendamping Desa yang terhormat,
    lamaran awal, saya kirim ke tingkat propinsi ke BMPD, selanjutnya saya diarahkan untuk daftar online..karna kesalahan input data tentang pengalaman/pengabdian di Kecamatan dan Desa saya..
    mohon kirimkan alamatnya nanti lamaran saya kirim lewat kantor Pos..trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mendaftar online di http://pendamping2016.kemendesa.go.id/registrasi.php sudah ya? Kalau sudah berarti tinggal kirimkan dokumen pendukung yang diminta ke alamat email pansel provinsi anda. Panduan cara pengiriman email dibaca saja pada artikel di blog ini.

      Hapus
    2. ass.. pak maaf mau tanya nich... saya sudah mendaftar tapi kualifikasi posisi yang diinginkan tidak sesuai... bagaimana ya pak caranya saya memilih posisi yang lain.. mohon bantuannya pak

      Hapus
    3. Sudah semestinya sebelum mendaftar baca dan pahami dulu persyaratan untuk posisi yang diinginkan. Apalagi ini pendaftaran online sama halnya seperti CPNS harus hati-hati dan dipersiapkan dengan matang. Mohon maaf kalau anda tidak bisa lagi mendaftar karena nama dan NIK terkunci oleh sistem web.

      Hapus
  67. pa pada saat saya submit,,muncul keterangan silahkan sesuaikan format yang anda minta (please match the request format)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pada saat muncul pesan seperti itu akan langsung disorot kolom mana yang pengisiannya salah, coba dicek dengan hati-hati termasuk upload scan ktp dibagian atas mungkin sudah hilang/terhapus saat reset data/perbaikan.

      Hapus
  68. Allah saja jika kita salah dimaafkan masak kita sama sama manusia tidak memaafkan kesalahan..? Padahal cuma salah input pengalaman kerja tidak mau maafin..! Gak malu sama Allah yg menciptakan kita.? Saran saya cobalah kasih solusi bagi kawan2 yg salah untuk mendaftar sekali lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf bapak, alangkah bijaknya kalau kita tidak perlu membawa2 nama Tuhan dalam hal pekerjaan ini. Lebih baik kita ambil hikmah dari sebuah kegagalan, belajar dari sebuah kesalahan mungkin Tuhan punya rencana lain buat kita untuk mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik. Terimakasih atas sarannya.

      Hapus
  69. jika tidak memiliki pengalaman kerja bagaimana pak ?

    BalasHapus
  70. gan...saya salah input data pengalaman kerja..dan saya daftar ulang disana di tuliskan "anda sudah pernah terdaftar" adakah solusi...

    BalasHapus
  71. ASS PAK, bisa kirimkan alamat EMAIL YANG LENGKAP UNTUK WAKATOBI (SULAWI TENGGARA PENGIRIMAN BERKAS KE ALAMAT MASING-MASING KABUPATEN. TRIMAKASI UNTUK BANTUANYA MOHON di balas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sulawesi tenggara => panselpp2016.sulteng@outlook.com

      Hapus
  72. Balasan
    1. Rencananya dibawah pohon rambutan..he he. Tunggu aja info dari pansel prov anda ya. Tempat dan waktu pelaksanaan tes tertulis akan ditentukan kemudian oleh pansel prov bersama universitas negeri setempat yang ditunjuk oleh Kemendesa.

      Hapus
  73. Malem Pak...mohon bantuannya, saya sudah registrasi, setelah "submit' muncul pesan " Please fill out this field " maksudnya gimana ya Pak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kolom isian yang kosong tuh..! Cek lagi ya

      Hapus
  74. Pak pada kolom pengalaman saya harusnya 28 bulan tpi salah ketik 18 apakah bisa saya perbaiki supaya diterima oleh system, mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah salah pengisian tidak bisa diperbaiki pak

      Hapus
  75. tanggal terakhir pengiriman data yg dikirim lewat email kapan ya min? soalnya saya baru bisa mendaftar tanggal 16 Mei ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pukul 24.00 WIB malam ini waktu pendaftaran dan pengiriman dokumen pendukung akan DITUTUP..!!

      Hapus
  76. Mohon maaf admin, sy melamar untuk Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP)
    Pada Point 2.i Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun;
    mohon konfirmasi/Penjelasan
    terima kasih,,,,

    Registrasi Tenaga Pendamping Profesional
    Ke takdir_rasyid70@yahoo.co.id
    Hari Ini pada 0:41

    Terimakasih telah ikut berpartisipasi dalam proses Registrasi Tenaga Pendamping Profesional

    Mohon maaf anda belum memenuhi kualifikasi minimum posisi yang anda pilih
    Posisi yang anda Minati Adalah : Pendamping Lokal Desa
    Usia Tidak Memenuhi Syarat, Usia Minimum Adalah 25 dan Usia Maximum Adalah 45, Usia Anda Pada Saat Pendaftaran Adalah 46 tahun 4 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon disampaikan langsung ke pansel.pendamping@kemendesa.go.id ya pak

      Hapus
    2. Sepertinya kesalahan terjadi saat memilih posisi yang dilamar. Anda maksud melamar posisi PDP tapi yang dipilih dalam kolom minat ternyata PLD sebagaimana tercantum dalam email balasan yang bapak terima. Kesalahan kecil namun berakibat merugikan bapak sendiri.

      Hapus
  77. Saya sudah berhasil registrasi online utk PDP dg nomor reg: 74779158 ANA MARDIANA dan sudah berhasil cetak kartu . Selanjutnya saya kirim softcopy lampiran CV-KTP dst ke email panselpp2016jatim@outlook.com tp balasan nya adalah sbb: "delivery to the dollowing resipient failed permanently" jawaban tsb kami terima pada tanggal 16 mei malam dan kami ulang utk kirim kembali.. jawaban nya tetap sama.
    Mohon solusinya agar kami bisa mengirim berkas softcopy dengan sukses.
    Mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat email tujuan salah kurang TANDA TITIK ! Yang benar panselpp2016.jatim@outlook.com. Coba kirim kembali.

      Hapus
  78. Kapan pengumuman peserta yg ikut ujian ntar dan dmn bisa kita lihat?mohon dijawab y admin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat/lokasi dan kapan tes tertulis akan ditentukan kemudian oleh pansel prov masing2. Biasanya PD dan TA di provinsi, sedangkan PLD di Kabupaten. Pengumuman peserta yang diundang mengikuti tes tertulis disampaikan melalui email pribadi peserta, media massa dan pengumuman yang ditempel di kantor BPMPD Prov/Kab/Kota domisili. Jika tidak terima email panggilan, cek langsung pada pengumuman di BPMPD setempat untuk memastikannya.

      Hapus
  79. Terimakasih.. setelah alamat email tujuan kami betulkan sesuai petunjuk dari pendamping desa(stelah saya bertanya/komen disini) dg alamat email panselpp2016.jatim@outlook.com
    Akhirnya berhasil terkirim.
    Yg jadi pertanyaan bagaimanan nasib berkas lampiran saya tersebut dg no reg 74779158 ANA MARDIANA. karena sejak kemarin 16 mei kami kirimkan tdk bisa dg alamat tujuan email yg langsung diberikan via akun kami.. yg ternyata kurang .(dot)
    Mohon penjelasan nya agar kami tenang.. karena stelah kami kirim uland dg alamat yg diberikan oleh pendamping desa.. email berhasil terkirim.. namun sampai sekarang belum ada balasan.
    Mohon pencerahannya. Nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dokumen sudah terkirim ke alamat email pansel yang benar, berarti tgl nunggu kbr jadwal tes tertulis (infonya 1 minggu lg, saya tulis di artikel terbaru). Pemberitahuan ttg tes akan disampaikan oleh pansel prov ke alamat email msg2 peserta, pengumuman di media cetak dan online. Bisa juga di cek di kntr BPMPD Prov/Kab/Kota sesuai domisili. Jadi email tanggapan pengiriman dokumen itu tdk perlu ditunggu, sing penting sdh terkirim wiisss..

      Hapus
  80. Min apa sudah ada peserta yang terima email pengumuman jadwal tes ujian soalnya saya blm terima min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada pengumuman resmi, janjinya pak Taufik Madjid Direktur PMD 1 minggu setelah tanggal penutupan kemarin. Kemungkinan sekitar 3 atau 4 hari lagi pengumuman, tunggu saja.

      Hapus
  81. Selamat pagi mohon informasi terkait jadwal tes tulis untuk wilayah provinsi sulawesi selatan, kemudian untuk pengiriman berkas ke email panselpp provinsi ada gak notifikasi email dri panselpp jika berkas telah diterima. Dan bagamana cara mengetahui informasi terkait jadwal tes dan panggilan tes tulis. Tks

    BalasHapus
  82. Asalamualaikum, saya sudah mendaftar, sudah mendapatkan no reg, kartu dan mengirimkan file dokumen ijasah sesuai informasi.. yang ingin saya tanyakan adalah kapan pengumuman hasil seleksi administrasi? Apakah saya tergolong yang lulus dan berhak mengikuti tes berikutnya atau ada penjelasan lainnya.. mohon dijawab thx

    BalasHapus
  83. Selamat siang, saya sya sudah mendapat kartu seleksi pendamping desa. Dan sudah sya kirim berkas ke email provinsi domisili saya. Selanjutnya bagaimana, apakah dengan kartu seleksi tersebut sudh lolos kualifikasi minimal untuk ikut tes atau bagaimana?

    BalasHapus
  84. Kapan pengumuman lewat email? Apa ada yg sudah dpt email jadwal test tertulis?

    BalasHapus